Cara Mengatasi HP Terkena Air

Halo gaess, welcome back to pabxpanasonic.co.id, Pada artikel kali ini ada pembahasan hal yang menarik yakni membahas tentang Cara Mengatasi HP Terkena Air yang akan kami bahas dibawah ini.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, Produsen Smartphone kini berlomba-lomba membuat produk ponsel yang canggih dan elegan serta berfitur premium.

Water resistant atau fitur anti air, kini telah menjadi standar untuk keluaran ponsel flagship yang sangat penting untuk memperlengkap rasa premium pada ponsel flagship.

Namun tidak demikian untuk pengguna ponsel low end dan mid end yang jarang di temukan fitur anti air seperti ponsel flagship terkini.

Namun jika anda mempunyai ponsel yang tidak mempunyai fitur anti air, dan anda tidak sengaja menumpahkan air atau bahkan terjatuh di kolam atau bak mandi,, Anda tidak perlu khawatir.

Kami disini akan membagikan tips Cara Mengatasi Ponsel yang Terkena Air untuk solusi penyelamatan tingkat pertama. Jadi tetap simak terus artikel ini .

Cara Mengatasi Ponsel Terkena Air

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Berikut adalah penanganan pertama yang dapat anda lakukan, Guna mencegah kerusakan yang lebih para pada ponsel anda.

Pastikan ponsel Anda dimatikan

Setelah ponsel terkena air, Anda dapat segera memeriksa status ponsel karena panik. Namun, kami sarankan Anda mematikan ponsel Anda terlebih dahulu.

Karena sifat air, yang selalu bersaing dengan elektronik, risiko kerusakan meningkat secara signifikan jika smartphone tetap dihidupkan.

Keringkan bagian luar smartphone

Setelah urusan rumah selesai, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkan bagian luar ponsel Anda, terutama layar LCD.

LCD biasanya mengandung filamen lunak yang tidak tahan kelembaban. Karena itu, mereka sering rusak ketika terkena air. Jika terlalu lama, titik-titik hitam akan muncul di LCD.

Anda harus melakukannya perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel.

Semakin banyak Anda memindahkan telepon, semakin besar kemungkinan air akan masuk ke komponen telepon. Ini akan merusak ponsel.

Keluarkan baterai, kartu SIM dan kartu memori

Lepaskan baterai, kartu SIM, dan kartu memori sesegera mungkin untuk menghindari korsleting atau kerusakan korsleting setelah ponsel terkena air.

Jika ada masalah dengan ponsel, disarankan untuk menghapus komponen satu per satu.

Tempatkan komponen yang dibongkar di atas kain kering. Jika Anda tidak ingin merusak ponsel Anda, ingatlah bahwa Anda harus menjadi orang yang benar-benar baik.

Jangan Meniup ponsel Anda

Disarankan untuk tidak meledakkan smartphone setelah kontak dengan air. Ini karena air semakin dalam ketika disemprotkan.

Salah satu cara menangani ponsel yang terpapar air adalah dengan menggunakan penyedot debu. Jadi Anda dapat menyingkirkan air dari ponsel Anda.

Keringkan smartphone Anda

Anda harus benar-benar mengeringkan ponsel Anda sebelum menggunakannya kembali. Ada banyak cara untuk mengeringkan ponsel cerdas Anda.

Salah satunya bisa menggunakan nasi. Kenapa harus beras? Beras dianggap sebagai bahan yang dapat dengan cepat menyerap kelembaban.

Selain itu, nasi mudah didapat dan ditemukan di dapur rumah Anda. Biarkan ponsel dalam nasi selama setidaknya 2-3 hari.

Atau, silika gel dapat digunakan untuk mengeringkan ponsel yang terpapar air.

Langkah terakhir

Nyalakan ponsel Anda. Masih tersedia atau tidak dapat dihidupkan lagi. Jika anda beruntung makan smartphone anda akan hidup.

Namun, Apabila smartphone anda mengalami kerusakan parah atau bahkan mati, anda coba periksa pada tempat service terpercaya.

Apabila harga servisnya terlalu mahal lebih baik anda segera mencari penggati yang baru.

Apa yang harus dilakukan jika ponsel Anda terkena air?

  • Jangan nyalakan ponsel cerdas Anda untuk sementara waktu jika Anda terpapar air karena air bertentangan dengan produk elektronik.
  • Jangan menghubungkan ponsel cerdas Anda ke catu daya.
  • Jangan menekan tombol apa pun selain tombol mati. Airnya bisa semakin dalam dengan menekan tombol lain.
  • Jangan gerakkan ponsel terlalu sering untuk mencegah air merusak komponen lainnya.
  • Jangan gunakan pengering rambut atau oven untuk memanaskan ponsel cerdas Anda, karena panas dapat merusak ponsel cerdas Anda.

Lihat juga:

Demikian itulah pembahasan dari kami mengenai Cara Mengatasi HP Terkena Air yang telah kami jelaskan pada artikel kali ini. dengan langkah diatas, Anda dapat mencoba melakukannya. Semoga berhasil.

Terimakasih Telah berkunjung pada web kami. cek artikel kami yang lainnya, Karena kami menyajikan banyak tips dan trik serta Tutorial seputar teknologi terbaru. Terimakasih.